Challenge Tulisan

17 Agustusan masa Paling dinanti saat itu

Hal yang paling bikin kangen saya saat diingatkan tentang kenangan masa kecil adalah saat saya merasakan euforia 17 Agustusan. Rasanya sangat gembira, menantikan yang namanya lomba 17 Agustusan dan berusaha sekali untuk memenangkan lomba 17 Agustusan. 

Saya merasakan euforia 17 Agustusan pada saat saya menginjak umur 6 tahun. Pada saat itu, saya masih SD kelas 1. Setiap awal bulan Agustus, hiasan-hiasan bendera sudah mulai terpasang di lingkungan rumah. Dulu mama selalu info ada lomba apa aja dan saya pun sudah merencanakan akan mengikuti lomba apa saja pada saat 17 Agustusan.  Biasanya saya mengikuti lomba bawa kelereng, masukkinn pensil ke botol, lomba pukul balon dan menangkap belut. Hadiahnya pun lumayan banget pada saat itu dan umumnya adalah peralatan sekolah. Makanya mama juga seneng kalau saya menang, secara ga perlu beli alat tulis lagi. HEHEH

Selain lomba, saya pun ikutan acara selamatan di malam 17 Agustusan. Pada acara tersebut, seluruh warga berdoa bersama di lapangan, lalu dilanjutkan dengan diskusi dan makan bersama. Makanannya banyak banget bahkan kadang sampe bisa dibawa pulang. Terus yang saya seneng kayak ada lomba bikin tumpeng gitu dari kelompok ibu-ibu. Jadi isi makanannya pun berbeda-beda. Dulu saya dan teman-teman saya biasanya sudah punya inceran mau makan tumpeng yang mana. Hahah

Ga hanya sampai situ, biasanya di akhir Agustus akan ada malam puncak 17 Agustusan untuk 1 RW di lingkungan rumah saya, Bahkan di malam penutupan itu menurut saya termasuk meriah, ada panggungnya dan penampilan para remaja dari tiap RT. Dari kelas 1 SD sampai SMA kelas 1 saya masih turut aktif berpartisipasi. Di mulai dari menjadi penari jawa ataupun modern dance sampai lomba membaca hafalan sirat-surat pendek. Hadiahnya pun cukup lumayan dan saya senang sekali kalau bisa mengikuti acara itu. 

Kini rasanya sudah jarang lingkungan-lingkungan RT, RW ataupun kelurahan yang melaksanakan kegiatan serupa. Kalaupun ada rasanya sudah jarang sekali. Saya kangen banget momen-momen itu. Momen-momen dari latihan nari, belajar hafalan surat samapi lomba 17 Agustusan. Kalau temen-temen sendiri paling suka ikut lomba apa ne pasa lagi 17 Agustusan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *