Challenge Tulisan

Penyesalan terbesar di tahun 2018

Sebenarnya rasa penyesalan adalah rasa yang paling sangat saya hindari untuk saya rasakan. Pertama karena saya tidak ingin menyalahkan diri terlalu lama atau dalam. Kedua karena saya tidak ingin mengalami rasa rendah diri ataupun pesimis yang terlalu lama. Mungkin kesannya agak gimana gitu ya. Tapi jujur saya tidak  terlalu suka mengingat penyesalan apa yang pernah terjadi dalam hidup saya. Namun, saya akan lebih mengingatnya sebagai bahan evaluasi. Ketiga, karena saya mengerti penyesalan selalu datang di akhir kejadian maka akan saya akan terus berusaha dan belajar serta berhati-hati  dalam mengambil suatu keputusan atau tindakan untuk meminimalisir rasa penyesalan tersebut.

Salah satu contohnya adalah saya pernah menyesal mengapa saya tidak mengambil ekskul atau UKM bela diri pada saat saya masih di kampus ataupun SMA dengan alasan dulu saya mudah kambuh asmanya sehingga orang tua saya melarang saya untuk mengikuti kegiatan yang cukup menguras tenaga fisik.  Namun, penyesalan itu tidak akan besar sekali karena saya cukup mengingat bahwa pada saat menjadi orang tua saya akan memberikan kebebasan atau alternatif kepada anak saya untuk dapat memiilih ekskul yang ingin dia ikuti.  

Lalu, apakah ada penyesalan paling dalam saat ini yang masih saya ingat? Tentu ada dan itu rasanya kok masih belum hilang ya. Mungkin karena agak bercampur dengan rasa kesal dan marah. Penyesalan saya yaitu mengenal seseorang di dunia maya dan saya terlalu mudah percaya dengan orang tersebut. Intinya mah saya dibohongi dengan orang tersebut dan level kebohongannya menurut saya sangat parah. Jeleknya saya dan saya pun sadar itu adalah kekurangan saya yaitu saya mudah percaya dengan orang yang baru kenal. Dan karena dari dulu saya kalau kenalan online baik-baik saja dan akhirnya berteman baik-baik. Namun, ternyata tidak untuk yang satu ini. Penyesalan saya berkenalan dengan orang itu yang mengakibatkan saya agak trauma dengan dunia maya. Sehingga sampai saat ini pun, saya masih menjaga jarak dengan orang yang baru saya kenal baik di dunia nyata ataupun maya. Dan memang pada akhirnya, di setiap penyesalan pasti ada hikmah yang harus kita sadari untuk selalu mengingatkan kita untuk terus belajar dan belajar menjadi orang yang lebih baik.  Sharing donk teman, kalau kalian supaya ga terlalu menyesal sekali, apa yang kalian lakukan?

490total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *