Challenge Tulisan

Manajemen Waktu seorang Part Time Blogger

Menulis blog kini bisa dikatakans ebagai suatu kegiatan positif yang akhirnya dapat menjadi sebuah pekerjaanatau profesi yang menghasilkan uang. Tidak sedikit orang-orang yang  memilih untuk akhirnya resign dari pekerjaannya untuk fokus menjadi full time blogger  yang pasti fokus utama pekerjaannya adalah terus menulis dan menulis content yang dapat dinikmmati oleh masyarakat.

Namun, tidak sedikit juga yang lebih memilih menjadi part time blogger yang salah satu alasannya adalah menulis atau menjadi blogger hanya menjadi sebuah sampingan pekerjaan atau hobi semata untuk mengasah kemampuan menulisnya. Pada saat kita memutuskan untuk menjadi seorang part  time blogger pasti memiliki beberapa kendala terutama dalam hal manajemen waktu antara pekerjaan utama saat ini serta tanggung jawab yang harus diemban sebagai blogger.

Kira-kira bagaimana sie manajemen waktu part time blogger yang baik atau efektif supaya antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan tetap bisa seimbang porsinya.? Berikut beberapa kiatuntuk manajemen waktu yang mungkin bisa kita coba sebagai part time blogger:

  1. Tulissemua ide yang tersirat dalam benakmu segera dan jangan pernah bilang “ntar ajadeh”. Karena apabila kita terus mendelay maka ga akan pernah ada postingan diblog kamu. Saya sering banget mengalami itu. Cara mengatasinya paling tidak kita sudah tulis di draft blog. Walaupun itu hanya sekedar kerangka pikirannya,tapi paling tidak sudah  terbayang apa saja yang akan kita tulis
  2. Buat jadwal saklek atau wajib untuk memposting tulisan dan disesuaikan dengan kemampuan kita mengingat kita juga memiliki pekerjaan utama. Misal dalam sebulan kita memastikan ada 4 postingan entah itu postingan “bersponsor”, lomba blog,  atau postingan dari ide-ide kita yang muncul.   Otomatis berarti dalam setiap minggu kita harus menulis minimal satu tulisan. Apabila dalam seminggu bahkan bisa menulis 2 postingan itu akan lebih bagus. Karena satu postingan lagi bisa jadi tabungan bulan depan atau dipublish juga oke.
  3. Catat dateline waktu terakhir posting untuk postingan “bersponsor”ataupun lomba blog. Jangan sampai menjelang seminggu waktu dateline kita kelupaan atau bahkan belum memiliki bayangan kerangka tulisannya seperti apa. Situasi ini akan menyebabkan kewalahan sendiri juga buat kita penulis dan hasil tulisan pun menjadi tidak maksimal.
  4. Memiliki waktu khusus untuk menulis, misalnya setiap malam sehabis isya dengan kurunwaktu maksimal 1 jam atau sebelum beraktivitas yaitu sebelum waktu subuh. Pemilihan waktu khusus ini menurut saya penting supaya kita menjadi lebih efektif dan fokus dalam menulis. Kita pun dapat meminimalisir distraction yang mungkin muncul dan bahan postingan blog pun akan cepat selesai.

Jangan pernah bersedih bila merasa kita sudah rajin nulis kok belum dapat uang ya. Ingat kembali tujuan awal kita menjadi blogger apa. Dan teruslah menjadi seseorang yang konsisten dalam menulis karena pada akhirnya gaya tulisan kita akan terlihat sepeti apa dan niche dari tulisan kitapun semakin jelas arahnya akan kemana. Yang penting konsistensi dulu dan terus belajar mengenai dunia blogging

230total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *