Challenge Tulisan

Tips Sehat ala Agessty

Alhamdulillah, hingga saat ini Allah kasih aku kesehatan yang tak terkira. Sampai saat ini, belum merasakan rasanya menginap di rumah sakit dan jangan sampe, ya Allah.  Sejak kuliah aktivitas yang saya lakukan cukup banyak plus aq juga mencoba bekerja serta berorganisasi. Selama kuliah pun, sakit yang paling membuat saya udah ga bisa apa-apa adalah flu, radang tenggorokan dan asma. Tiga penyakit ini sering banget kambuh kalau saya ga bisa jaga kesehatan atau sudah overdosis dengan pekerjaan.

Biasanya kalau sudah kena flu dan radang dan ga segera diobati akibatnya malah jadi ke asma. Kalau sudah kambuh asmanya, saya sengsara di malam hari alias ga bisa tidur tenang. Padahal siangnya mah ga akan keliatan seperti orang sakit susah nafas. Kerasanya baru di malam hari. Biasanya saya kambuh asma juga karena stress dengan pikiran. Namun, beberapa tahun belakangan ini kalau asma saya ga kambuh, dan sebenarnya saya sedang stress yang terjadi adalah alergi kulit. Dan menurut saya ini pengobatannya jauh lebih mahal.

So, terus gimana saya menjaga kesehatan biar asmanya ga kambuh plus penyakit lainnya seperti flu dan radang tenggorokan.

#Rajin makan sayur

Alhamdullillah saya termasuk orang yang suka sayur-sayuran. Dan untung saya orangnya juga simple. Paling gampang adalah makan capcay yang isinya sayuran, makan pecel atau urapan atau beli gado-gado. Intinya saya berusaha setiap hari saya makan minimal 1 kali ada sayurnya dan berserat. Efeknya yang saya rasakan adalah lebih kenyang, lebih sehat dan BAB pun menjadi teratur. Jadi, ga banyak sampah juga di tubuh kita.

#Selalu minum air mineral

Usahakan  untuk minum air minneral sebanyak mungkin, apalagi buat kalian yang kerjanya duduk mulu di depan komputer. Saya selalu berusaha untuk minum air minneral dan mengurangi minuman berasa sepert teh kemasan, pulpy orange, kopi ataupun soda. Saya masih suka minuman berasa terutama soda, tapi maksimal 1 bulan dalam 1 kali lah atau pas lagi makan di tempat fasfood aja.

#Minum Susu

Saya termasuk penganut minum susu di saat badan sudah mulai tidak enak, supaya ga jadi sakit. Biasanya kalau saya ngerasa pusing sedikit saya langsung minum susu putih tanpa rasa dan langsung tidur. Ini cukup mujarab bagi saya mengurangi rasa lelah dan pusing, sehingga keesokan harinya badan saya sudah merasa fit dan segar.

#Olahraga

Sejujurnya selama saya tinggal di Jakarta, saya jadi jarang sekali untuk oleharaga lari. Dulu pas di kampus, pasti seminggu sekali jogging di gym. Saya berusaha mudah-mudahan awal tahun depana saya bisa memulai kebiasaan ini lagi. Kenapa ga dari sekarang? Alasannya banyak, apalagi akhir tahun waktunya saya mengejar-ngejar customer. Wkwkw.

#Bahagia dan bersyukur

Dan selalu bahagia serta bersyukur. Saya orangnya suka buat planning, tapi kalau planning A gagal ya udah, pasti bete cie cuma ga sampe buat stress juga karena saya pasti sudah punya planning B. Jangan terlalu ambil pusing, mencoba bersikap cuek terhadap hal yang ga penting dan lakuin hal-hal yang memang kalian suka. Seperti saya suka pergi sendirian ga jelas ataupun nonton drama korea. Yang penting, tiap pagi setelah bangun tidur selalu tersenyum karena banyak hal menarik yang akan terjadi.  Karena dengan bahagia dan bersyukur, nikmat akan selalu ditambah plus ga gampang stres juga.

Ini sehat alaku, kalau kalian sendiri bagaimana?

 

314total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *