Challenge Tulisan

Kenapa menulis blog?

Apa cie blog itu? Kenapa orang-orang di luaran sana pada ngeblog ? Enaknya ngeblog apa c? Terus maksudnya blogwalking apa? Terus kok bisa sie mereka nulis mulu kerjaanya, mang ga pernah ngerasa bosen atau jenuh ya? Beragam pertanyaan muncul di benak saya pada saat itu. Ya, 9 tahun yang lalu saya mendengar kata-kata mengenai “Blog”. Banyak orang di sekeliling saya yang memperbincangkan tentang blog terutama di kalangan anak BEM dan saya masih buta banget tentang hal itu. Namun, karena kegiatan BEM secara tidak langsung akhirnya saya mengenal yang namanya blog itu apa.

Blog sendiri berasal merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat dalam satu postingan  pada sebuah halaman web. Media blog dipopulerkan oleh Pyra Lab dengan meluncurkan  Blogger.com sebelum diakusisi oleh Google pada tahun 2002. Konten dari tulisan blog pun bermacam-macam sesuai dengan tujuan penuliisnya. Penulis blog disebut dengan blogger, dan aktivitas menulis di web dikenal dengan blogging. Sedangkan blog walking adalah suatu kegiatan membaca tulisan-tulisan blog orang lain yang diikuti dengan meninggalkan komentar pada web blog tersebut serta menyertakan link blog yang kita miliki. Biasanya bermula dari blogwalking lah, para blogger saling mengenal, teman bertambah,  dan muncullah suatu komunitas blogger yang disesuaikan dengan wilayahkah, atau hobi tertentu.

Terus saya sendiri, kapan mulai buat blog? Saya sendiri mulai belajar untuk mengenal blog pada tahun 2009 tepatnya 17 November 2009. Saya memulai blog di platform wordpress dengan nama yang cukup alay menurut saya. Hahaha. Alamat blog saya pada saat itu adalah ghestmyname.wordpress.com. Dan saya pun hanya bertahan sampai 2 bulan saja di platform wordpress ini. Saya ga bebas otak atik desainnya. Kemudian di akhir tahun 2009 saya pun, mencoba buat blog dengan platform yang berbeda yaitu blogspot dengan nama thisisagesstyika.blogspot.com. Haha, ga jauh2 deh nama blognya dari nama saya sendiri. Di blogspot saya cukup bertahan lama selama 3 tahun walau dalam 1 tahun postingan hanya berjumlah belasan, terakhir 2012 hampir 47. Berasa rekor tersendiri buat saya disitu. Di blog kedua ini saya sudah merasa suka nulis walau belum konsisten, tapi masih alay dengan warna font berwarna warni dengan jenis font yang memusingkan tapi pada zamannya mungkin berasa keren. Saya menceritakan apapun seperti puisi, perasaan saya yang tersirat,  kegiatan saya di kampus, percintaan, pertemanan, pernikahan (gils), keluarga atau lirik lagu yang saya suka.Eaaaa…. Rasanya setelah menulis senang aj, emosi tersalurkan dan seperti ada catatan abadi yang bisa saya lihat suatu hari nanti entah sambil senyum-senyum bahagia atau merasa malu. Hahah. Di tahun 2012, saya pun berpindah lagi, ke paltform tumblr. Karena merasa lebih private dan belum banyak teman-teman saya yang belum tahu tentang tumblr. Namun, pada platform ini saya jarang menulis hanya sekedar blog walking karena tulisan-tulisan di tumblr itu bagusnya kebangetan bisa seharian untuk blog walking aja. Rasanya habis itu, seneng berasa banyak pencerahan apalagi kalau lagi galau. Hahaha

Tahun 2014, saya buat lagi blog coba dan balik lagi ke platform wordpress dengan nama rangkaianceloteh.wordpress.com. Di blog ini saya sudah mulai bisa menentukan apa yang ingin saya share dan menemukan alasan saya mengapa saya harus menulis. Alasannya adalah membiasakan diri ini untuk menulis supaya pada saat menulis tesis lebih mudah karena banyak vocabulary yang telah saya miliki di otak saya dan menghindari adanya kejenuhan atauu kesulitan saat menulis awal dari tesis (biasanya di bab pendahuluan). Dan menurut saya, tempat yang paling pas untuk saya menulis hal apapun dan berbagi adalah blog. Maka, sejak itu, saya berusaha untuk menulis minimal satu bulan sekali dan mostly adalah review mengenai buku yang saya baca, restoran yang saya kunjungi ataupun film yang saya tonton.  Melalui nama blog ini, saya mulai bertambah teman dari beberapa daerah di Indonesia bahkan sampai Penang. Ga nyangka banget saat itu dan rasanya seneng aja gitu. Karena tulisan saya tentang solo travelling ke KL bisa bermanfaat infonya untuk orang lain yang membaca. Saya sendiri tidak terlalu banyak menulis mengenai pemikiran saya tentang suatu kejadian karena menurut saya harus menggunakan riset ataupun mengumpulkan sudut pandang yang lebih banyak. Dan nama blog pun bertahan hingga tahun ini, walaupun jumlah tulisan saya yang pertahunnya belum konsisten. Dan lucunya kalau sudah lama saya tidak menulis, atau blog walking atau baca buku adalah emosi saya rasanya naik turun banget, dan penyaluran emosinya suka salah sasaran. Hahaha.

Di pertengahan tahun ini pun saya mulai berfikir untuk memiliki domain sendiri dengan nama agesstyika.com Tujuannya adalah supaya bisa lebih rapi arsipnya, tidak adanya fikiran untuk pindah-pindah paltform lagi, tulisan menjadi lebih  bermanfaat, bisa nambah teman lagi dan ingin mencoba mengikuti lomba-lomba blog. Pernah saya baca dimana gitu, agak lupa kalau blog yang sudah memiliki domain akan lebih mudah dicari di google. Apakah itu benar? Mungkin karena saya belum merasakan efeknya. Hanya dulu saya pernah mereview suatu restoran hits di Bogor yang baru banget buka, saat itu blog saya selalu di halaman pertama dalam situs pencarian dengan kata kunci nama resto itu. Namun, setelah beberapa tahun, halaman satu itu telah diisi dengan nama-nama website seperti tripadvisor atau zomato dan blog-blog berdomain. Semenjak itulah, saya ingin memiliki domain sendiri dan mengkonsistenkan diri untuk menulis yang salah satu usahnya adalah mengikuti BPN 30 Day Blog Challenge. Semoga tulisan pertama ini bisa jadi awal konsistensi saya dalam menulis ya : )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *