Book parenting Tulisan

Review Buku “Mendidik Anak dengan Cinta”

Halohaaa

Kali ini saya akan mereview buku yang baru selesai saya baca, padahal mah punya bukunya sudah lama banget. Buku ini temanya tentang pola parenting dan berdasarkan agama Islam. So, yang dibahas juga mengenai dasar-dasar agama yang perlu kita ajarkan ke anak2 kita nanti dan contoh aplikasinya bagaimana. Yang sudah punya anak pasti tahu deh rasanya, kalau anak kecil pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kritis dan kita sebagai orang tua harus bisa menjelaskan dengan kata-kata yang sederhana supaya mereka bisa lebih mengerti. Seperti pertanyaan Allah kayak apa, laki-laki atau perempuan? Malaikat seperti apa? Malaikat tinggalnya dimana? Kenapa aku harus salat berjamaah? Pertanyaan-pertanyaan itu kesannya sepele namun pastinya ksebagai orang tua pasti harus memutar otak untuk dapat menjelaskan dengan baik dan supaya anakpun tidak salah paham. Selain itu, tahapan menjelaskan atau mendidik anak pun harus disesuaikan dengan umurnya. Anak satu dengan yang lain pun bisa jadi berbeda cara memperlakukannya atau membimbingnya karena masing-masing anak pun memiliki karakter yang berbeda.

Processed with VSCO with s3 preset

Buku “Mendidik Anak dengan Cinta” terdiri dari 235 halaman, tidak terlalu tebal. Buku ini menceritakan tentang bagaimana pola asuh, bagaimana mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta kepada Islam dan nilai-nilai Islam, bagaimana melihat atau mengenali potensi yang dimiliki oleh anak serta membentuk kepribadian anak-anak supaya menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan agama. Buku ini terbagi atas 3 bagian yaitu bagian pertama tentang cara menumbuhkan rasa cinta kepada Allah, malaikat, nabi dan serta mengajarkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan. Bagian kedua tentang  pengembangan potensi anak yang dimiliki, IQ serta emotional quotient. Sedangkan bagian terakhir (ketiga) mengenai jenis-jenis kepribadian dan bagaimana mengenali tipe tipe kepribadian dari setiap anak serta cara mengatasinya.

Menurut saya buku ini cukup lengkap walau sedikit menjenuhkan. Karena sepertinya tidak ada sama sekali gambar ilustrasinya. Jadi, kalau saya pribadi mudah buat saya ngantuk makanya lama saya selesai bacanya. wwkkwk. Tapi bagusnya buku ini dia memberikan contoh percakapan sehari-hari yang biasa ditanyakan oleh anak-anak pada umumnya ataupun kejadian2 yang umum dialami di kehidupan kita seperti keadaan menyuruh anak mengaji, keadaan dimana terdapat tetangga yang meninggal dan apa yang harus kita ajarkan kepada anak kita, keadaan pada saat anak-anak kita akan berlomba ataupun bagaimana kita memberikan pemahaman tentang kewajiban seorang muslim.

Kedua yang saya suka dari buku ini adalah adanya percakapan mengenai sejarah Islam, baik mengenai kisah para nabi beserta sahabatnya ataupun tentang perang yang terjadi pada saat berdakwah supaya membuat anak-anak kita bisa mencontoh perilaku mereka. Dan menambah pengetahuan saya khususnya. Jadi, secara tidak langsung buku ini bisa membantu para orang tua kalau kehabisan bahan untuk bercerita. Hal lain yang saya suka dari buku ini adalah bagaimana belajar mengenal kepribadian anak-anak kita nantinya. Karena itu penting sekali, untuk dapat mengembangkan mereka menjadi manusia yang lebih baik kita harus dapat mengenal terlebih dahulu seperti apa tipe kepribadian mereka. Karena perlakuannya tentu akan berbeda dengan kepribadian yang berbeda juga. Pola mendidik dengan cinta pun tergambar dari buku ini, tidak keras ataupun seperti menggurui tapi digambarkan dengan lemah lembut dan penuh pengertian serta kesabaran level tinggi menurut saya p. Tapi dari buku ini saya jadi lebih berfikir bahwa mendidik itu harus dimulai dari diri kita, baik yang belum menikah ataupun sudah,  berusaha terus memperbaiki diri, membayangkan bila nantia nak kita mencontoh sikap tidak baik kita bagaimana dan kemungkinan2 lainnya yang mungkin bisa terjadi karena anak-anak mudah sekali meniru orang tuanya.

So, buku ini menurut saya recomended untuk para calon orang tua dan orang tua. Tidak begitu tebal dan cerita-cerita yang ditulis menarik. Sehingga pada saat mengalami kejadian yang serupa dengan apa yang diilustrasikan di buku ini, kita tidak kebingungan lagi mencari jawabannya

Semoga bermanfaat

1 thought on “Review Buku “Mendidik Anak dengan Cinta””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *