Book Review Tulisan

Review : A Simple Life

Siapa yang tidak kenal dengan Desi Anwar. Seorang Journalist handal yang biasa kita lihat di telivisi sebagai pembaca berita. Kalau kalian generasi 90an pasti sering melihat beliau di stasiun TV RCTI. A simple life merupakan salah satu karyanya yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Kebetulan saya membeli buku ini dalam versi Inggris sekalian untuk belajar vocab English. Buku dengan tebal 286 halaman ini disajikan dengan cukup menarik karena diisi juga dengan hasil fotografi dari Desi Anwar selama dia melakukan perjalanan travelling ataupun saat sedang bertugas menjadi journalist.

A-simple-life-by-Desi-anwar

A Simple Life merupakan kumpulan dari seluruh renungan, pengamatan dan pikiran dari seorang Desi Anwar yang diperoleh dari pengalamana selama bekerja, kenangan masa kecilnya serta perspektif dia dalam memandang suatu hal. Selain itu dia pun berusaha untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sederhana namun bermakna yang kerap kali sulit untuk kita lakukan padahal kita membutuhkan hal tersebut untuk sejenak berisitrahat dari rutinitas yang padat. Seperti menanam, menyimpan memori dalam bentuk scrapbook, melakukan yoga, memanjakan tubuh, bercengkerama dengan hewan peliharaan ataupun hanya sekedar duduk menyendiri menikmati sekitar.

Saya sendiri merasakan kenyamanan pada saat membaca buku ini. Sudut pandang menjadi semakin luas dan berfikir bahwa hal yang sederhana sebenarnya sudah dapat membuat kita bahagia. Dan pada saat kita bisa mewujudkannya, maka timbullah rasa syukur karena kita bisa merasakan kenyamanan dengan cara yang sederhana tanpa harus melakukan sesuatu yang ribet ataupun mememrlukan materi yang banyak. Open minded, independent, mencari kesenangan dengan hobby kita, mencintai atau menjaga tubuh kita sendiri, solitude, observing around, mendengarkan sahabat,  sebenarnya mudah hal itu kita lakukan atau mungkin ada yang berfikir bila hal tersebut menghabiskan waktu. Karena kita terus berfokus diri pada kesuksesan dan gol. Tanpa kita sadari, kita terlena dengan segala aktivitas dan segala target hidup kita yang harus tercapai saat itu juga.

Melalui buku ini, Desi Anwar mengajak kita untuk mengubah sedikit perspective kita, mengajak kita untuk mencintai diri kita, memberikan tubuh dan otak untuk beristirahat sejenak. Bukan bermaksud untuk bermalas-malasan, hanya untuk beristirahat sejenak supaya pada saat kita kembali mengejar terget hidup kita memiliki semangat baru dan lebih besar.  Itulah yang saya rasakan saat saya selesai membaca buku ini. Banyak sekali quote-quote yang ngena banget ke saya yang membuat saya semakin berfikir dan kembali bersemangat serta bersyukur. If now, you feel stress, depresed, or give up, tired or bored with your life. I think you should read this book  and try to do what in this book.  It so can refresh your mind. Like i am, i like to be solitude, obeserved everyone when im travelling alone. Maybe im odd but its okay :p.

The key to making the right choices in life therefore, is to go for what gives you the greatest pleasure to the soul first and not to think too much of about where that choice will take you. Because even if nothing much comes out of it, the enjoyment of doing it is reward enough.

While its impossible to get away from people and its important to be with them-after all we humans are social animals-sometimes its nice to be able get away from the crowd when we choose to an once in a while. Not only to enjoy some peace and quiet, but a little solitude is often necessary to find out if you can really enjoy your own company.

 

235total visits,3visits today

4 thoughts on “Review : A Simple Life”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *